Photobucket Weblog ini dibuat semata2 hanya untuk pribadi, bertujuan untuk Berbagi imajinasi,Kreasi, dan Pengetahuan, yok... kita berkarya dan berbagi ilmu bersama meski sedikit ilmu namun berguna bagi bersama
  • Home 1
  • Bisnis
  • Contact
  • TV
  • Log In
  • Rabu, 27 Juli 2011

    Belajar HTML Bag.1 ( Mengenal HTML )

    HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan kode yang digunakan untuk menyusun sebuah webpage. HTML bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML hanya memiliki kode-kode yang digunakan menyusun sebuah webpage dalam bentuk tag (diapit oleh '<' dan '>'). HTML merupakan basic atau dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu bagi para web programmer ataupun web designer. HTML juga dapat diibaratkan sebuah kerangka penyusun website, Didalam masing-masing kerangka tersebut kita dapat meletakan script ataupun objek-objek. Sebelum mempelajari HTML itu sendiri ada beberapa hal yang perlu anda ketahui :
    1. HTML tidak bersifat case-sensitive, akan tetapi untuk membiasakan diri dengan standar yang akan dibuat kedepannya, biasakanlah menggunakan huruf kecil untuk menuliskan kode HTML tersebut.
    2. File HTML dapat disimpan dengan extensi .htm maupun .html, tapi sekali lagi untuk mempersiapkan standar kedepannya, biasakanlah gunakan extensi .htm, karena .htm memiliki sifat universal application extension (extensi yang terdiri dari 3 huruf).
    3. Sebuah tag mulai dalam setiap kode HTML dimulai denga 2 tanda siku → <> dan diakhiri dengan tanda → </>, pengunaan format ini lebih disarankan sekalipun anda dapat menyingkatnya dengan cukup menuliskan tag dalam tanda seperti ini </>.
    Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi :

    Hypertext

    Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.

    Markup

    Pada pengertiannya di sini markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web.

    Language

    Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.

    Sebelum membelajari HTML anda harus mengetahui basic HTML ,yang terdiri dari:
    1. Hypertext
    2. Tags dan elements
    3. Text formatting
    4. Lists, hyperlinks, images
    5. Table, frames
    6. Cascanding style sheets
    Browser
    Browser adalah program yang dipakai untuk membaca dokumen HTML pada WWW. Contoh browser ini antara lain: Netscape Navigator, Internet Explorer, Opera, Mozilla, Conqueror, NCSA Mosaic, Cello, Lynx, SlipKnot, dan sebagainya.

    URLs
    URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Menginformasikan lokasi sebuah file pada WWW dan juga mengidentifikasi layanan internet, seperti FTP, WWW, yang menghandle file tsb. Istilah ini juga dipakai untuk menunjukkan suatu tempat yang berisikan informasi di Internet spt di bawah :



    Keterangan :
    Protocol adalah metode transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Antara komputer client dan komputer server.
    • HTTP; HyperText Transfer Protocol
    • Gopher
    • FTP
    • news
    Network location adalah mesin tempat data tersebut berada.
    path - dokumen - menunjukkan di direktori mana dokumen tersebut berada.
    File name adalah nama file html yang berada dalam direktori web server.

    Apa itu TAG??
    Tag merupan kode penyusun HTML yang dituliskan dalam sebuah kurung siku seperti dijelaskan diatas. Setiap tag HTML dimulai dengan tanda → <> dan diakhiri dengan tanda → </>. Contoh :
    <bold> Bold Text </bold>
    Pada contoh diatas kita menggunakan tag bold untuk menebalkan huruf/text yang bertuliskan 'Bold Text'. Seperti anda lihat diatas, penggunaan tag bold juga diakhiri dengan tag bold yang meiliki tambahan back-slash yang menandakan tak penutup. Dalam setiap tag HTML anda dapat menambahkan atribut agar tag yang anda gunakan dapat memenuhi kebutuhan anda. Misalanya anda ingin membuat sebuah text beruliskan 'coba lihat saja' dengan jenis huruf verdana, ukuran font 4 dan berwarna merah, maka anda dapat memanfaatkan tag <font> dan mengkostumasinya dengan merubah nilai atribut yang dimiliki tag tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut :

    <font face=”verdana” size=”4” color=”red”> coba lihat saja </font>
    Seperti anda lihat, disana kita menggunakan tag font dan mengcostumize atribut face, size dan color.
    Struktur Dasar HTML
    Sebuah file HTML minimal memiliki tag html dan body sebagai penyusunnya. Akan tetapi untuk praktik yang baik, minimal kita gunakan tag html, head, title dan body sebagai penyusun sebuah file html.Lalu apa kegunaan dari tag-tag tersebut??
    1. <html>
    adalah tag dasar/root dari sebuah file html untuk menyatakan dimulainya kode html itu sendiri.
    1. <head>
    adalah tag yang berisi info tentang file html itu sendiri diletakan.
    1. <title>
    adalah tag yag digunakan untuk mendefinisikan title atau judul sebuah file html.
    1. <body>
    adalah tag dimana anda meletakan berbagai macam tag-tag html lainya ataupun sekedar text biasa yang akan kita sajikan atau kita tampilkan.
    Berikut contoh sebuah file HTML yang sederhana :
    <html>
    <head>
    <title> dawala_top_1@yahoo.com Webpage </title>
    </head>
    <body>
    Welcome to All
    </body>
    </html>

    Editor
    Untuk membuat sebuah file HTML anda tidak memerlukan editor khusus, akan tetapi cukup menggunakan text editor biasa (contoh : Notepad (Windows) dan Kate (Linux Kubuntu) ). Sesungguhnya banyak sekali editor HTML dari yang gratis maupun berbayar dengan menawarkan kemudahan menyusun sebuah file HTML tanpa perlu melakukan coding, akan tetapi alangkah lebih baiknya kita mempelajarinya benar-benar dari dasar HTML itu sendiri, yang pastinya akan banyak hal positif dan keuntungan yang kita dapatkan.

    semoga bermanfaat.

    yang lainnya:

    Belajar HTML Bag.1 ( Mengenal HTML ), Belajar HTML Bag. 2 ( Basic HTML ),
    Belajar HTML Bag. 3 ( Text & Font Formatting ), Belajar HTML Bag. 4 ( Lists )

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar