Sama kayak Honda Beat/Vario, fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Smash 110 / Spin musti “disconnect” ground spul. Saya sih blom pernah bongkar langsung FU150 ama Smash 110, tapi dilihat dari skema kelistrikannya sama
Sesuai gambar di atas, kawat yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa dilihat dari skema di bawah:
Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama tuk FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 15V DC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya di bawah 15V, misal dengan menggunakan IC LM7812. Cara ketiga, menggunakan 2 butir diode 1A yg dirangkai seri (agar ada voltage-drop sebesar 1.4V).
sumber: http://kotsk.wordpress.com/2011/02/04/fullwaving-suzuki-shogun-nr-fu150/
om minta skema spidometernya shogun yang digital donk.....
BalasHapusmaaf mau tanya, motor ane suzuki smash 110, klo kabel yng buat lampu yang di kiprok std di pindah ke jalur pin no 5 ada efeknya ga?
BalasHapusanonim: kalo sempet nanti di liatin
BalasHapusbidi: sebaiknya ya tidak usah dikarenakan bentrok arusnya.