Photobucket Weblog ini dibuat semata2 hanya untuk pribadi, bertujuan untuk Berbagi imajinasi,Kreasi, dan Pengetahuan, yok... kita berkarya dan berbagi ilmu bersama meski sedikit ilmu namun berguna bagi bersama
  • Home 1
  • Bisnis
  • Contact
  • TV
  • Log In
  • Rabu, 27 Juli 2011

    Belajar HTML Bag. 2 ( Basic HTML )

    Setelah pada artikel sebelumnya kita berkenalan dengan HTML, pada bagian ini kita akan membahas lebih jauh. Kita akan mencoba menjalankan webpage kita dan menggunakan berbagai tag-tag basic. kita mulai dengan webpage yang paling sederhana sbb :
    1. Buka text editor anda (notepad / kate / lainnya)
    2. Lalu ketikan kode sbb :
    <html>
    <head>
    <title> kebangsaan Webpage </title>
    </head>
    <body>
    Welcome to siswa kebangsaan
    </body>
    </html>
    1. Save file tersebut dengan nama index.htm
    2. Setelah itu browse dimana file index.htm tadi anda save, maka secara default maka file tersebut akan terbuka melalu Web Browser default yang system anda miliki, maka tampilannya akan sbb :


    3. Seperti anda lihat di webpage yang baru saja kita buat, dsisana terdapat Title 'Cobalihatsaja Webpage' dan pada bagian body (tampilan) terdapat text “Welcome to siswa kebangsaan”.
    4. Mengapa file tersebut diatas disimpan dengan nama index? Hal itu dikarenakan pada webserver jika mengakses root folder, maka file pertama yang dicari untuk ditampilkan adalah file dengan nama index. Sebenarnya kita dapat saja memberinya nama lain, akan tetapi jika kita meletakannya pada webserver, maka secara default tidak akan ada yang ditampilkan jika root folder kita tidak ditemukan file index tersebut.
    Ok, sampai disini kita sudah dapat membuat sebuah webpage yang sangat simple, untuk selanjutnya kita menambahkan beberapa atribut pada tag-tag yang kita gunakan dan kita lihat hasilnya. Sebagai contoh kita ingin membuat webpage kita yang sebelumnya memiliki background hita, warna tulisan berwarna merah dan menggunakan ukuran 14, selain itu kita tambahkan efek berjalan pada tulisan kita tersebut, caranya? Ubahlah kode anda diatas menjadi sbb :

    Code :

    <html>
    <head>
    <title> kebangsaan Webpage </title>
    </head>
    <body bgcolor="black">
    <MARQUEE>
    <font color="red" size="14"> Welcome to All siswa kebangsaan </font>
    </MARQUEE>
    </body>
    </html>

    Hasil :


    Penjelasan :

    - Pada bagian tag body kita menambahkan atribut bgcolor untuk merubah warna background halaman web kita, kita juga dapat menggunakan gambar sebagai background dengan menggunakan atribut background.
    - Selanjutnya ada tag baru yang kita tambahkan, yaitu tag MARQUEE, tag ini digunakan untuk memberikan efek scrolling pada text. Akan tetapi penggunaan tag ini sudah mulai ditinggalkan bahkan akan dihilangkan.
    - Pada bagian text kita menambahkan tag font dengan atribut color dan size untuk merubahnya menjadi berwarna merah dan berukuran 14.
    Ok, saya rasa sampai disini anda sudah cukup mengerti bagaimana dasar membuat kode HTML itu sendiri dan menjalankannya.

    semoga bermanfaat.

    yang lainnya:


    Belajar HTML Bag.1 ( Mengenal HTML ), Belajar HTML Bag. 2 ( Basic HTML ),
    Belajar HTML Bag. 3 ( Text & Font Formatting ), Belajar HTML Bag. 4 ( Lists )

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar