Photobucket Weblog ini dibuat semata2 hanya untuk pribadi, bertujuan untuk Berbagi imajinasi,Kreasi, dan Pengetahuan, yok... kita berkarya dan berbagi ilmu bersama meski sedikit ilmu namun berguna bagi bersama
  • Home 1
  • Bisnis
  • Contact
  • TV
  • Log In
  • Sabtu, 20 Agustus 2011

    Fullwave Yamaha Jupiter, Mio, Nouvo, Xeon

    Modifikasi fullwave pada motor Yamaha Jupiter MX/Z, Vega ZR, Mio, Xeon, Nouvo lebih gampang dibanding motor laen, pasalnya ground spul-nya nggak tertanam di stator … jadi nggak musti bongkar generator/alternator motor :-D Cirinya, perhatikan kabel-kabel yang ada di soket alternator … kalo di situ terdapat kabel berwarna putih, kuning, dan hitam, berarti motor kamu termasuk yang gampang dimodif fullwave.

    Caranya? Lihat diagram di bawah:


    Perhatikan tanda X merah pada gambar, artinya “disconnect” atau dicabut/dilepas

    Sebelum bongkar-bongkar, cabut fuse aki atau kabel terminal aki untuk mencegah konslet apabila jalur suplai listrik menyentuh ground secara nggak sengaja.

    Lepaskan soket spul … pada soket yang menuju spul, cabut jalur kabel kuning dan hitam. Kabel kuning diisolasi (ini nggak dipakai) dan kabel hitam disambungkan ke kabel tambahan — panjang kabel secukupnya, kira-kira bisa menjangkau posisi regulator. Kalo sudah, pasang kembali soket spulnya. Jadi di soket ini cuma kabel putih yang terhubung ke kabel bodi.

    Lanjut … Ganti regulator/kiprok bawaan motor dengan regulator fullwave milik Honda Tiger — bisa jg regulator fullwave lainnya. Perhatikan, ada 5-kaki di regulator Tiger … 1-2-3 di atas dan 4-5 di bawah.

    Cabut kabel merah dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #1.

    Cabut kabel hitam dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #3.

    Cabut kabel putih dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #4.

    Sedangkan kabel tambahan yang terhubung ke kabel hitam spul langsung dipasangkan ke regulator Tiger #5.

    Masih ada satu kabel lagi di soket kiprok lama, yaitu kabel kuning. Cabut kabel ini, gabungkan dengan kabel cokelat dan pasangkan ke regulator Tiger #2. Kabel cokelat merupakan jalur “+” dari kunci kontak.

    Masih kurang jelas??? Baca lagi skema di atas!!! :-D

    sumber: http://kotsk.wordpress.com/2010/11/21/modifikasi-fullwave-yamaha/

    1 komentar:

    1. gan kalau Fullwaving shogun R110 gimana gan sekalian gambarx gan trims..

      BalasHapus